Advertisement

Penelitian bahwa Wanita lebih tertarik pada pria mirip ayahnya

Saya pernah baca sebuah artikel tentang penelitian – penelitian aneh dan salah satunya adalah penelitian tentang wanita lebih tertarik pada pria yang mirip ayahnya.

Dari penelitian itu dijelaskan bahwa wanita memiliki kecenderungan memilih suami atau pasangan hidup yang wajahnya mirip dengan sang ayah. Kecenderungan ini tak hanya berlaku pada kaum Hawa. Para pria pun dapat memiliki kecenderungan memilih istri berwajah mirip ibunya.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian itu adalah ilmuwan dari University of Pécs, Hongaria yang menyimpulkan adanya fenomena yang disebut sexual imprinting . Namun begitu, temuan yang dipublikasikan jurnal Proceedings B ini masih perlu diperkuat lagi dengan penelitian lanjutan.

Dari riset sebelumnya dijelaskan bahwa wanita kerap menggunakan sosok ayah sebagai pola atau model dalam memilih pasangan, bahkan bila wanita ini anak adopsi. Fenomena ini menunjukkan bahwa imprinting dapat terjadi bukan hanya karena faktor gen.

Selain itu penelitian ini juga didukung oleh riset lain yang menunjukkan bahwa hubungan imprinting tidak terlihat pada wanita yang hubungannya buruk dengan ayah mereka.

Para ilmuwan ini melakukan riset yang dipimpin oleh Tamas Bereczkei dan melakukan pengukuran proporsi wajah dari 52 keluarga yang menjadi obyek penelitian. Para ilmuwan ini menemukan kaitan yang erat antara calon suami dengan mertua laki-laki, terutama pada proporsi wajah di daerah pusat yakni hidung dan mata Para wanita juga menunjukkan kemiripan dengan mertua wanita terutama pada bagian bawah wajah yakni bentuk dagu dan bibir.

"Hasil penelitian kami memberi dukungan terhadap hipotesa sexual imprinting yang menegaskan bahwa anak akan membuat pola mental dari orang tua lawan jenisnya dan mencari pasangan yang memiliki kemiripan dengan skema persepsi mereka," tegas Bereczkei.

Terserah mau setuju atau gak? Plihan ada di kalian sendiri. Jadi jangan minder para laki-laki walaupun anda tidak mirip dengan orang tua gebetan anda!

Penelitian bahwa Wanita lebih tertarik pada pria mirip ayahnyaSocialTwist Tell-a-Friend

Related Posts :



0 comments:

Leave a Reply